Kanker Tulang pada Anak: Ketahui Type serta Gejalanya

Kanker tulang pada anak yang seringkali berlangsung ialah osteosarcoma serta sarkoma Ewing. Anak yang menanggung derita kanker tulang bisa tunjukkan tanda-tanda yang beragam. Ini bergantung pada tempat serta ukuran kanker. Untuk tahu lebih jauh tentang kanker tulang pada anak, baca penjelasan di bawah ini.
Tulang mempunyai peranan untuk membuat susunan serta menyokong badan, membuat perlindungan organ penting, seperti paru-paru, jantung, serta otak, menolong badan untuk bergerak, membuat sel darah, dan jadi area untuk menyimpan mineral, seperti kalsium. Sebab manfaatnya yang penting, kesehatan tulang butuh dijaga secara baik.
Ada bermacam masalah yang dapat berlangsung pada tulang. Diantaranya ialah kanker tulang, yang bisa berlangsung baik pada seorang dewasa atau beberapa anak. Keadaan ini akan membuat tulang beralih bentuk, ringkih serta gampang patah.

Type Kanker Tulang pada Anak

Kanker tulang ialah tumor pada tulang yang berbentuk ganas. Kanker tulang pada anak sebetulnya jarang ada. Cuma seputar 3% masalah kanker pada anak berlangsung karena kanker tulang. Kanker ini dapat berkembang di tulang anggota badan mana saja. Namun, umumnya kanker tulang pada anak berlangsung di tungkai serta lengan.
Kanker tulang pada anak ialah penyakit yang beresiko sebab bisa mengakibatkan kerusakan jaringan tulang yang sehat dengan permanen. Diluar itu, kanker dapat menebar dari satu sisi tulang ke sisi tulang lain atau organ yang lain.
Ada dua type kanker tulang yang seringkali berlangsung pada anak, yakni:

Osteosarcoma

Osteosarcoma ialah type kanker tulang yang seringkali berlangsung pada anak, khususnya remaja. Osteosarcoma biasanya menyerang tulang-tulang memiliki ukuran besar serta panjang yang pertumbuhannya cepat, seperti tulang lengan, lutut, serta tungkai.
Bila tidak selekasnya diobati, kanker tulang type ini dapat menebar ke tulang lain atau ke organ tersendiri, seperti paru-paru.
Gejala-gejala yang bisa ada pada osteosarcoma ialah:

  • Pembengkakan serta kemerahan di tulang yang terserang tumor.
  • Ngilu tulang atau sendi, khususnya sesudah melakukan aktivitas atau pada malam hari.
  • Gampang alami luka atau patah tulang.
  • Tonjolan yang keras pada kulit.
  • Pergerakan jadi hanya terbatas bila tumor ada di sendi.
  • Sulit berjalan atau pincang bila tonjolan ada di ruang kaki atau tungkai.

Sarkoma Ewing

Type kanker tulang pada anak ini lebih jarang ada. Sarkoma Ewing seringkali menyerang beberapa anak yang akan masuk waktu remaja. Kanker tulang type sarkoma Ewing seringkali menyerang anak lelaki dibanding wanita.
Kanker ini sering berlangsung di tulang panggul, dada serta rusuk, serta tungkai atau kaki. Kadang sarkoma Ewing dapat juga menyerang tulang sisi lengan, tangan, tengkorak, serta tulang belakang.
Tidak hanya di tulang, type kanker ini dapat berkembang pada jaringan lunak di seputar tulang. Gejala-gejala sarkoma Ewing ialah:

  • Ngilu serta abuh pada tulang yang terserang kanker. Tanda-tanda ini dapat berjalan sepanjang beberapa minggu atau beberapa bulan.
  • Ngilu tulang yang lebih buruk pada malam hari atau waktu beraktivitas fisik.
  • Timbulnya tonjolan di kulit yang merasa ngilu serta hangat saat disentuh.
  • Seringkali merasakan kecapekan.
  • Seringkali demam.
  • Gampang alami patah tulang tanpa ada alasan yang pasti.
  • Kehilangan berat tubuh.
  • Kesusahan berjalan.

Pemicu kanker tulang osteosarcoma serta sarkoma Ewing belum didapati dengan tentu. Selama ini, sarkoma Ewing didapati tidak berkaitan dengan paparan radiasi, senyawa kimia, atau unsur lingkungan lain. Sedang kanker tulang osteosarcoma disebutkan lebih beresiko berlangsung pada beberapa anak yang sudah pernah jalani therapy radiasi atau paparan radiasi kuat.
Untuk menyembuhkan penyakit kanker tulang pada anak, seringkali diperlukan aksi operasi, kemoterapi, serta radioterapi.
Apapun macamnya, kanker tulang pada anak ialah keadaan yang butuh selekasnya dibawa ke dokter. Makin cepat diobati, karena itu kemungkinannya untuk pulih akan makin besar. Kanker ini jadi susah untuk diobati bila telah menebar ke organ lain.

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment